Mudahnya Cara Root Oppo A31 Tanpa PC dan Dengan PC

Diposting pada

Root Pada Ponsel Oppo A31 bagi sebagian orang bisa sangat menguntungkan karena nantinya banyak hal yang bisa diakses melalui smartphone tersebut. Meski Oppo A31 bukan ponsel keluaran terbaru, namun pasarannya masih bisa dibilang lumayan, sehingga banyak dari pengguna yang berburu informasi mengenai cara untuk setting root. Ponsel berkapasitas RAM 1GB yang menjadi salah satu produk terbaik dan terlaris dari perusahaan pendatang bernama Oppo ini mampu menarik banyak minat warga Indonesia untuk melakukan root pada ponsel itu.

Mudahnya Cara Root Oppo A31 Tanpa PC dan Dengan PC

Anda perlu mengetahui spesifikasi, khususnya yang berhubungan sistem operasi dan chipsetnya. Keduanya merupakan hal penting yang harus Anda pahami karena sistem root bisa dipengaruhi dan mempengaruhi kedua platform tersebut.

Spesifikasi Oppo A31

Produk keluaran tahun 2015 ini memiliki spesifikasi yang dapat bersaing di pasar internasional. Oppo tidak tanggung-tanggung dalam memberikan fasilitasnya. Ponsel A31 ini dibekali dengan OS Android Kitkat versi 4.4. Untuk chipsetnya, Oppo memasang Qualcomm MSM891 Snapdragon versi 410. Root pada ponsel Oppo A31 juga perlu memahami CPU yang terdapat pada ponsel. Bagi yang telah berpengalaman, memahami soal platform sebuah ponsel secara lengkap sebelum diroot merupakan perhatian besar yang tidak boleh terlewat. Untuk CPU, ponsel ini memiliki Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Proses root bisa dipengaruhi oleh salah satu diantara spesifikasi di atas, jika sistem yang digunakan memerlukan pengaturan untuk mencapai compatibility. Jika berhasil, root bisa mempengaruhi ponsel dari segi platform maupun sistem lain.

Cara Root Oppo A31 Tanpa PC

Root yang dilakukan tanpa PC hanyalah menggunakan aplikasi root berbasis android. Namun perlu diingat bahwa Root Ponsel Oppo Tanpa PC  hanya perlu menggunakan aplikasi yang terpercaya saja.

A. Menggunakan Aplikasi Framaroot APK

1.Langkah pertama kamu harus mendownload serta menginstal aplikasi Framaroot versi terbaru disini

2. Jika aplikasi kompatibel maka aplikasi ini bisa diakses, jika tidak maka akan muncul warning “Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot” seperti gambar dibawah ini.

gagal instal framaroot

3. Selanjutkan buka aplikasi framaroot dan pilih Install Superuser/SuperSU ( Pilih Salah Satu ) lalu pilih Gandalf seperti pada gambar dibawah ini.

cara root dengan framaroot gandalf

4. Tunggu sampai proses root selesai. dan Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar ini, silahkan klik OK dan Ponsel akan Reboot secara otomatis.

root sukses dengan framaroot

5. Jika ponsel oppo A31 anda berhasil ter root secara sempurna maka aplikasi SuperSU atau Superuser akan muncul di ponsel Android kamu.

B. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools Khusus Root Ponsel Oppo

1.Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi Oppo Tools lalu menginstalnya seperti biasa pada ponsel Oppo kamu.

2. Jika Oppo Tools sudah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih tab “Common” serta klik tombol “Root” seperti pada gambar di bawah ini.

Root Dengan Oppo Tools

3. Setelah mengikuti instruksi diatas lalu akan muncul permintaan untuk melakukan instal OppoToolsPlugin silahkan instal aplikasi tersebut.

Oppo Tools Plugin

4. jika sudah terinstal silahkan lanjutkan dengan mengklik One Key Root seperti pada gambar dibawah ini.

Pilih One Key Root

5. Jika semua tahapan pada cara diatas sudah anda lakukan dengan baik dan sesuai petunjuk, maka secara ponsel Oppo anda akan Reboot secara otomatis. Setelah Ponsel menyala periksa apakah terdapat aplikasi SuperSU pada ponsel Oppo anda maka proses root yang anda lakukan sudah sukses.

Cara Root Android Oppo A31 Dengan PC

1.Pada langkah awal silahkan Instal Program RootKHP pada PC kamu.

Root Ponsel Android dengan RootKHP

2. Silahkan Aktifkan Debuging Mode
– Buka Pengaturan/Setting
– Pilih Tentang Perangkat/About Phone
– Pilih Info Perangkat Lunak pada Nomor Versi Klik Berturut-turut sebanyak 4 kali.

3. Kemudian Buka dan Jalankan Program RootKHP lalu sambungkan Ponsel Oppo kamu dengan Komputer menggunakan kabel data.

4. Selanjutnya Klik pada Tombol Root dan Tunggu sampai notifikasi muncul seperti gambar dibawah ini.

Notifkasi RootKHP

5. Lalu Tunggu Proses Root pada Ponsel Oppo kamu sedang berjalan sampai selesai hingga 10 menit sampai muncul notifikasi Root sukses seperti pada gambar dibawah ini.

Root dengan RootKHP sukses

6. Selesai, Namun perlu diingat keberhasilan root tergantung firmware ponsel kamu, oleh karena itu silahkan gunakan program Root versi terbaru untuk tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Ketika Anda melakukan proses root Oppo A31 itu artinya Anda merusak garansi resmi yang ditawarkan oleh pihak produsen. Artinya, Anda tidak bisa memanfaatkan garansi yang masih berlaku jika kondisi ponsel Anda telah diroot. Selain itu, Anda juga akan sering mengalami kerusakan pada sistem ponsel yang biasa disebut sebagai bootloop bahkan juga bisa merusak hardware ponsel Oppo A31 itu. Kasus ini biasanya ditemukan jika proses root gagal. Jika sudah demikian, ponsel yang memiliki tenaga Quadcore ini akan menjadi ponsel yang sangat disayangkan.

Satu lagi resiko yang kemungkinan terjadi adalah mudahnya ponsel terkena malware. Hal ini terjadi lantaran akses ke ponsel Oppo A31 menjadi lebih terbuka. Tentu resiko terberatnya adalah data Anda kemungkinan dicuri atau system Anda akan menjadi rusak. Nah, karena kekurangan root juga ternyata sangat beresiko serta tidak bisa menggunakan garansi jika rusak, Anda perlu untuk mengetahui informasi lainnya. Informasi tersebut adalah bahwa ternyata ponsel Oppo 31 bisa di-unroot. Caranya pun cukup mudah karena bisa menggunakan aplikasi Framaroot.

Dengan begini, Anda bisa kapanpun melakukan root Oppo A31 atau melakukan unroot jika tiba-tiba hal ini dibutuhkan.

 

 

Tinggalkan Balasan