Cara Root Oppo R7 Lite Tanpa PC dan Dengan PC

Diposting pada

Rooting ponsel sudah sejak lama menjadi informasi yang tidak berhenti dibicarakan, begitu juga mengenai root pada Ponsel Oppo R7 Lite. Melakukan proses root terhadap produk Oppo memang menjadi salah satu hal yang menarik, karena masih banyak orang yang melakukannya. Bukan karena sebab, namun karena kualitas Oppo membuat penggunanya ingin mengakses lebih melalui root ponsel.

Sayangnya, tidak banyak orang yang mempertimbangkan informasi penting sebelum mereka melakukan root tersebut. Salah satunya, mereka mengabaikan informasi mengenai spesifikasi yang terdapat pada ponsel. Kemudian, mereka juga tidak banyak tahu mengenai proses root. Memang, proses root banyak dibilang sebagai salah satu proses yang mudah, namun tanpa bekal pengetahuan dasar ponsel, hal tersebut bisa kacau.

Apa pentingnya mengetahui spesifikasi ponsel? Ketika proses rooting dilakukan, sistem pada ponsel dan sistem pada program root akan saling mendeteksi. Jika tidak compatible karena ketidaktahuan, hasilnya root akan gagal. Lebih buruk lagi, ponsel dan hardware Anda akan rusak.

Cara Root Oppo R7 Lite Tanpa PC dan Dengan PC

Cara Root Oppo R7 Lite Tanpa PC

Root yang dilakukan tanpa PC hanyalah menggunakan aplikasi root berbasis android. Namun perlu diingat bahwa Root Ponsel Oppo Tanpa PC  hanya perlu menggunakan aplikasi yang terpercaya saja.

A. Menggunakan Aplikasi Framaroot APK

1. Langkah pertama kamu harus mendownload serta menginstal aplikasi Framaroot versi terbaru disini

2. Jika aplikasi kompatibel maka aplikasi ini bisa diakses, jika tidak maka akan muncul warning “Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot” seperti gambar dibawah ini.

gagal instal framaroot

3. Selanjutkan buka aplikasi framaroot dan pilih Install Superuser/SuperSU ( Pilih Salah Satu ) lalu pilih Gandalf seperti pada gambar dibawah ini.

cara root dengan framaroot gandalf

4. Tunggu sampai proses root selesai. dan Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar ini, silahkan klik OK dan Ponsel akan Reboot secara otomatis.

root sukses dengan framaroot

5. Jika ponsel Oppo R7 Lite anda berhasil ter root secara sempurna maka aplikasi SuperSU atau Superuser akan muncul di ponsel Android kamu.

B. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools Khusus Root Ponsel Oppo

1. Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi Oppo Tools lalu menginstalnya seperti biasa pada ponsel Oppo kamu.

2. Jika Oppo Tools sudah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih tab “Common” serta klik tombol “Root” seperti pada gambar di bawah ini.

Root Dengan Oppo Tools

3. Setelah mengikuti instruksi diatas lalu akan muncul permintaan untuk melakukan instal OppoToolsPlugin silahkan instal aplikasi tersebut.

Oppo Tools Plugin

4. jika sudah terinstal silahkan lanjutkan dengan mengklik One Key Root seperti pada gambar dibawah ini.

Pilih One Key Root

5. Jika semua tahapan pada cara diatas sudah anda lakukan dengan baik dan sesuai petunjuk, maka secara ponsel Oppo anda akan Reboot secara otomatis. Setelah Ponsel menyala periksa apakah terdapat aplikasi SuperSU pada ponsel Oppo anda maka proses root yang anda lakukan sudah sukses.

C. Menggunakan Aplikasi Root Master APK

Simak beberapa langkah mudah berikut ini agar proses root berjalan dengan lancar:

  1. Download dan Install aplikasi android : Root Master.apk dengan mencarinya di google
  2. Mulailah dengan menginstal aplikasinya secara sempurna
  3. Buka Aplikasi Root Master dan pilih Mulai Root
  4. Proses root Oppo R7 Lite akan segera dimulai
  5. Langkah berikutnya adalah menekan opsi pilih Yes, lalu Biarkan Proses berjalan sampai selesai.
  6. Proses root ponsel Oppo R7 Lite akan dengan otomatis berjalan hingga selesai
  7. Setelah itu, periksalah smartphone Anda, bila telah ditemukan aplikasi baru dengan nama “SuperSU”, maka proses root berhasil.

D. Menggunakan Aplikasi King Root APK

  • Masuk ke website official Kingroot pada browser. Pilih ‘Download APK for Android’.
  • Masuk ke menu Pengaturan lanjut Keamanan kemudian click centang “Unknown Sources”.
  • Klik file APK untuk memulai instalasi KingRoot.
  • Pilih tombol buka atau luncurkan untuk mulai menggunakan KingRoot. Klik “Coba Ini” untuk melanjutkan dan melihat perangkat sudah di root atau belum.
  • Pilih tombol “Get Now” untuk melihat adakah strategi root untuk memulai rooting Android Anda.
  • Masuk ke Google Play store, cari dan install aplikasi Root Checker.
  • Buka aplikasi Root Checkker untuk memastikan apakah smartphone Oppo R7 Lite Anda sudah di root. Apabila Anda menemukan kata sukses berarti install root Anda berhasil.

Cara Root Android Oppo R7 Lite Dengan PC

1.Pada langkah awal silahkan Instal Program RootKHP pada PC kamu.

Root Ponsel Android dengan RootKHP

2. Silahkan Aktifkan Debuging Mode
– Buka Pengaturan/Setting
– Pilih Tentang Perangkat/About Phone
– Pilih Info Perangkat Lunak pada Nomor Versi Klik Berturut-turut sebanyak 4 kali.

3. Kemudian Buka dan Jalankan Program RootKHP lalu sambungkan Ponsel Oppo kamu dengan Komputer menggunakan kabel data.

4. Selanjutnya Klik pada Tombol Root dan Tunggu sampai notifikasi muncul seperti gambar dibawah ini.

Notifkasi RootKHP

5. Lalu Tunggu Proses Root pada Ponsel Oppo kamu sedang berjalan sampai selesai hingga 10 menit sampai muncul notifikasi Root sukses seperti pada gambar dibawah ini.

Root dengan RootKHP sukses

6. Selesai, Namun perlu diingat keberhasilan root tergantung firmware ponsel kamu, oleh karena itu silahkan gunakan program Root versi terbaru untuk tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Pentingnya mengetahui spesifikasi sebenarnya merupakan dasar untuk melakukan root HP Oppo R7 Lite. Tanpa tahu hal ini, proses root sudah pasti akan gagal. Bahkan orang yang paham akan hal-hal khusus pada spesifikasi ponsel pun akan kesulitan jika compatible namun proses root tetap gagal. Untuk itu, pastikan Anda mempertimbangkan lagi spesifikasi ponsel sebelum melakukan root.

Spesifikasi pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai chipset ponsel R7 Lite. Produk Tiongkok keluaran tahun September 2015 ini dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8939  serta Snapdragon versi 615. Untuk prosessornya, terdapat Quad-core dengan power hingga 1.5 GHz.. Chipset diatas akan menjadi informasi penting pertama untuk menentukan program root yang sesuai dengan tipe tersebut. Tanpa system root yang compatible dengan chipset ini, maka sudah pasti proses root akan gagal.

Yang kedua adalah mengenai sistem operasi atau yang biasa disebut dengan OS. OS yang dipasangkan pada R7 Lite adalah Android Lollipo versi 5.0. Ketika Anda ingin melakukan root Oppo R7, pastikan kembali bahwa root system yang akan Anda pakai juga sesuai dengan OS. Untuk informasi lengkap mengenai OS pada ponsel R7 Lite Anda, silahkan buka informasi pada ponsel melalui menu “pengaturan”, kemudian pilih tentang ponsel yang biasanya berada di bawah.

Dengan mengetahui banyak mengenai OS beserta detailnya, Anda bisa lebih teliti dalam menyeleksi program root yang akan Anda pakai. Sekali lagi, Anda harus pastikan root system compatible dengan OS serta chipset. Karena jika tidak, maka proses root tidak akan berjalan.

Kasus seperti di atas sering kali ditemui dan menjadi salah satu sebab paling sering terjadinya kegagalan root android Oppo R7. Informasi diatas selain akan membantu proses rooting Anda, juga akan membantu dalam memahami ponsel jika root telah selesai. Bagi Anda yang pemula, disarankan untuk mempertimbangkan kembali jika ingin melakukan root. Hal ini karena aka nada banyak hal yang merugikan yang akan Anda temukan setelah proses root selesai.

Jika Anda memang ingin melakukannya, Anda bisa memilih dua cara, yaitu melalui ponsel Anda sekaligus menggunakan aplikasi atau menggunakan PC. Untuk rooting via ponsel, Anda disarankan untuk backup data terlebih dahulu. Karena meskipun semuanya compatible, tidak menutup kemungkinan proses root tetap gagal. Untuk rooting melalui PC, pastikan Anda paham mekanismenya. Anda juga harus bersiap-siap dengan sistem keamanan ponsel yang menurun.

Nah, jika Anda sudah bisa memahami informasi di atas, Anda perlu mempertimbangkan lagi untuk melakukan root. Jika dirasa Anda bisa mengatasi masalah dan resiko root, Anda boleh saja tetap root Oppo R7 with and without pc.

Tinggalkan Balasan