Cara Root Oppo R5 Tanpa PC dan Dengan PC

Diposting pada

Oppo R5 merupakan salah satu Android terbaik di dunia. Android ini memiliki bentuk tipis dengan komponen hardware dengan kualitas mumpuni. Oppo R5 ini dirilis pada tahun 2015 lalu. Biasanya banyak orang melakukan Root pada Ponsel Oppo R5 pada Androidnya sendiri untuk meningkatkan sistem operasi. Namun, tahukah Anda bahwa Root yang dilakukan pada Android memiliki keuntungan dan juga kerugian.

Cara Root Oppo R5 Tanpa PC dan Dengan PC

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan info tentang spesifikasi Oppo R5 dan kerugian dari Root HP Oppo R5 yang perlu Anda ketahui dengan jelas.

Spesifikasi Ponsel Android Oppo R5

Seperti yang Anda ketahui bahwa Oppo R5 ini memiliki ketebalan yang sangat tipis yaitu hanya 4.85 mm saja.             Walaupun demikian spesifikasi dari Android tipe ini sangat bagus. Untuk chipsetnya sendiri sudah menggunakan Qualcomm dengan seri Snapdragon 615. Chipset tersebut diketahui memiliki kecepatan tinggi yaitu sekitar 1.5 Ghz. Dengan kelengkapan tersebut, Oppo R5 ini dinobatkan sebagai Android yang paling tipis dan bertenaga di dunia.

Tidak heran jika Oppo R5 ini menjadi salah satu Android incaran bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Kalau layar yang dimiliki oleh Oppo tipe ini saja sudah menggunakan layar 5.2 inci yang mana mempunyai resolusi Full HD 192 x 1080. Dengan layar lebar dan juga body tipis membuat tampilan Android ini sangat modis dan trendy. Apalagi ditambah dengan tingkatan kameranya yang sudah bagus, yaitu 5 MP.

Meskipun sistem operasi Android ini masih menggunakan sistem Kitkat dan layar depan tidak dilengkapi dengan lapisan anti gores Gorilla Glass, Android ini tetaplah bagus. Hal itu dibuktikan dengan kapasitas memori internalnya yang mencapai 32 GB, dengan RAM 2 GB dan kapasitas daya baterai 2000 mAh. Untuk mendapatkan Android yang sangat fashionable ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 jutaan saja.

Seperti yang Anda ketahui bahwa Root Oppo R5 pasti sering dilakukan oleh pengguna Android ini, dengan maksud untuk memperbarui sistem. Namun, tahukah Anda bahwa ada kerugian yang cukup serius jika Root tersebut dilakukan pada Android Oppo R5 ini! Di bawah ini beberapa keuntungan dan kerugian dari Root Android Oppo R5 yang perlu Anda pahami.

Cara Root Oppo R5 Tanpa PC

Root yang dilakukan tanpa PC hanyalah menggunakan aplikasi root berbasis android. Namun perlu diingat bahwa Root Ponsel Oppo Tanpa PC  hanya perlu menggunakan aplikasi yang terpercaya saja.

A. Menggunakan Aplikasi Framaroot APK

1.Langkah pertama kamu harus mendownload serta menginstal aplikasi Framaroot versi terbaru disini

2. Jika aplikasi kompatibel maka aplikasi ini bisa diakses, jika tidak maka akan muncul warning “Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot” seperti gambar dibawah ini.

gagal instal framaroot

3. Selanjutkan buka aplikasi framaroot dan pilih Install Superuser/SuperSU ( Pilih Salah Satu ) lalu pilih Gandalf seperti pada gambar dibawah ini.

cara root dengan framaroot gandalf

4. Tunggu sampai proses root selesai. dan Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar ini, silahkan klik OK dan Ponsel akan Reboot secara otomatis.

root sukses dengan framaroot

5. Jika ponsel Oppo R5 anda berhasil ter root secara sempurna maka aplikasi SuperSU atau Superuser akan muncul di ponsel Android kamu.

B. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools Khusus Root Ponsel Oppo

1.Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi Oppo Tools lalu menginstalnya seperti biasa pada ponsel Oppo kamu.

2. Jika Oppo Tools sudah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih tab “Common” serta klik tombol “Root” seperti pada gambar di bawah ini.

Root Dengan Oppo Tools

3. Setelah mengikuti instruksi diatas lalu akan muncul permintaan untuk melakukan instal OppoToolsPlugin silahkan instal aplikasi tersebut.

Oppo Tools Plugin

4. jika sudah terinstal silahkan lanjutkan dengan mengklik One Key Root seperti pada gambar dibawah ini.

Pilih One Key Root

5. Jika semua tahapan pada cara diatas sudah anda lakukan dengan baik dan sesuai petunjuk, maka secara ponsel Oppo anda akan Reboot secara otomatis. Setelah Ponsel menyala periksa apakah terdapat aplikasi SuperSU pada ponsel Oppo anda maka proses root yang anda lakukan sudah sukses.

Cara Root Android Oppo R5 Dengan PC

1.Pada langkah awal silahkan Instal Program RootKHP pada PC kamu.

Root Ponsel Android dengan RootKHP

2. Silahkan Aktifkan Debuging Mode
– Buka Pengaturan/Setting
– Pilih Tentang Perangkat/About Phone
– Pilih Info Perangkat Lunak pada Nomor Versi Klik Berturut-turut sebanyak 4 kali.

3. Kemudian Buka dan Jalankan Program RootKHP lalu sambungkan Ponsel Oppo kamu dengan Komputer menggunakan kabel data.

4. Selanjutnya Klik pada Tombol Root dan Tunggu sampai notifikasi muncul seperti gambar dibawah ini.

Notifkasi RootKHP

5. Lalu Tunggu Proses Root pada Ponsel Oppo kamu sedang berjalan sampai selesai hingga 10 menit sampai muncul notifikasi Root sukses seperti pada gambar dibawah ini.

Root dengan RootKHP sukses

6. Selesai, Namun perlu diingat keberhasilan root tergantung firmware ponsel kamu, oleh karena itu silahkan gunakan program Root versi terbaru untuk tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Keuntungan Root Ponsel Oppo Tipe R5

  1. Menghilangkan Aplikasi Bawaan Yang Tidak Berguna (Bloatware)

Seperti yang kita tahu bahwa setiap Android pasti memiliki yang namanya aplikasi bawaan yang jarang gunakan oleh penggunanya. Terkadang aplikasi yang tidak berguna tersebut akan sangat sulit dihapus atau bahkan di “disable”. Namun, dengan melakukan Root pada Android Anda tersebut, aplikasi yang tidak berguna dan jarang digunakan tersebut dapat dihapus dengan mudah.

  1. Membuat Android Lebih Trendy

Root Android juga bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mempunyai tampilan Android yang keren dan trendy. Dengan menggunakan Custom ROM, dijamin tampilan Android Anda jauh lebih trendy dengan fitur-fitur menarik.

  1. Menghemat Daya Baterai Android

Dengan melakukan Root Oppo R5 Anda tersebut, maka Anda bisa menghemat daya tahan baterai Android. Cara penghematan tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan aplikasi “Battery Calibration”. Aplikasi tersebutlah yang akan menghapus file “batterystats,bin” yang ada pada Android Anda. Dengan cara mengkalibrasi tersebut, daya tahan baterai pada Android Anda akan hemat dan awet tentunya.

  1. Memori Internal Dengan Kapasitas Besar

Meskipun Kapasitas Android Anda kecil, namun jika melakukan Root ini akan membantu Anda dalam menyimpan data, sistem dan juga aplikasi lebih pada Android. Root Android juga akan membuang aplikasi dan sistem yang tidak berguna, jadi memori internal akan lebih longgar dari sebelumnya.

  1. Sistem Kerja Android Cepat Dan Ringan

Root pada Android juga memberikan efek positif yaitu kinerja Android dapat diubah menjadi lebih cepat dan juga ringan. Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan cara mengunduh aplikasi Greenify. Aplikasi tersebut yang akan membuat RAM pada Android lebih longgar.

Kerugian Root Ponsel Oppo Tipe R5

  1. Kerusakan Sistem

Melakukan Root Oppo R5 bisa menyebabkan bootloop atau kerusakan sistem pada Android Anda. Biasanya masalah ini akan terjadi pada Android jika Anda gagal dalam melakukan Root. Hal terburuk yang bisa terjadi pada Android Oppo Anda tersebut adalah Android akan mati total.

  1. Hilangnya Garansi

Root pada Android bisa menyebabkan hilang garansi yang telah diberikan oleh perusahaan Oppo. Jika terjadi kegagalan atau kerusakan pada sistem Android tersebut, maka pihak perusahaan Oppo tidak akan menerima tanggung jawab tersebut. Untuk dapat mengatasi masalah ini, Anda harus mengecek sistem Android Anda di Service Center.

  1. Sangat Rentan terhadap Virus

Melakukan Root juga dapat mengakibatkan masuknya virus pada Android yang Anda miliki. Akses Rooting yang tidak aman dan terbuka biasanya akan menyebabkan virus mudah sekali masuk. Namun, cara ini masih bisa diantisipasi, yaitu dengan cara mengunduh aplikasi antivirus. Selain itu, disarankan Anda untuk tidak mengunduh aplikasi-aplikasi lain secara sembarangan.

Jika ingin melakukan Root pada Smartphone Oppo R5, tentunya Anda harus berhati-hati. Jika Anda ingin terhindar dari kerugian dari Root di atas, maka kami sarankan Anda untuk melakukan Root di Service Center saja.

Tinggalkan Balasan