Cara Root Oppo N3 Tanpa PC dan Dengan PC

Diposting pada

Untuk melakukan proses root pada Ponsel Oppo N3, ada beberapa aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna produk Oppo keluaran tahun 2015 ini. Masih eksis di tahun 2017, produk yang biasa dikenal dengan N3 ini mempunyai banyak hal yang harus diketahui oleh para penggunanya. Terlebih bagi mereka yang menginginkan untuk melakukan proses root, ada beberapa informasi yang akan menguntungkan jika disimak.

Cara Root Oppo N3 Tanpa PC dan Dengan PC

Sebelum masuk ke dalam pembahasan aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses root, akan terlebih dahulu dibahas mengenai spesifikasi. Beberapa poin spesifikasi perlu diketahui guna mendukung lancarnya proses root. Bahkan, hal ini bisa menjadi faktor utama keberhasilan root.

Spesifikasi Ponsel Android Oppo N3

Melakukan proses root Oppo N3 sebaiknya mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Beruntungnya, Anda tidak perlu mengetahui semua spesifikasi secara lengkap. Yang perlu Anda tahu setidaknya ada tiga hal. Ketiganya adalah processor atau chipset, CPU dan GPU serta OS yang dipakai.

Informasi utama adalah mengenai processor yang digunakan oleh N3. Untuk produk ini, Oppo yang berbasis di Tiongkok membekalinya dengan processor atau chipset Qualcomm MSM8974AA dengan kelengkapan Snapdragon  versi 801. Nah jika Anda tahu bahwa ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan aplikasi root. Terkadang beberapa pilihan sistem root menawarkan satu sistem yang hanya cocok untuk processor Qualcomm.

Kemudian adalah CPU dan GPU. N3 dipasarkan dengan CPU jenis Quad-core 2.3 GHz Krait 400 serta GPU Andreno versi 330. Proses root kemungkinan akan mempengaruhi sistem tersebut. Biasnya kegagalan proses root yang disebabkan tidak kompatibelnya sistem root dengan chipset akan berpengaruh pada hardware, juga kedua hal tersebut.

Yang terakhir adalah mengenai OS atau Operating Systemnya. Bekal yang ditanam pada N3 adalah sistem OS Android  versi 4.4.4. Sistem ini biasa disebut sebagai Android KitKat. Nah Anda mungkin bisa melakukan modifikasi pada sistem-sistem yang terdapat pada ponsel karya Oppo untuk kalangan menengah ini. Khsusunya setelah Anda melakukan proses root Oppo N3.

Cara Root Oppo N3 Tanpa PC

Root yang dilakukan tanpa PC hanyalah menggunakan aplikasi root berbasis android. Namun perlu diingat bahwa Root Ponsel Oppo Tanpa PC  hanya perlu menggunakan aplikasi yang terpercaya saja.

A. Menggunakan Aplikasi Framaroot APK

1.Langkah pertama kamu harus mendownload serta menginstal aplikasi Framaroot versi terbaru disini

2. Jika aplikasi kompatibel maka aplikasi ini bisa diakses, jika tidak maka akan muncul warning “Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot” seperti gambar dibawah ini.

gagal instal framaroot

3. Selanjutkan buka aplikasi framaroot dan pilih Install Superuser/SuperSU ( Pilih Salah Satu ) lalu pilih Gandalf seperti pada gambar dibawah ini.

cara root dengan framaroot gandalf

4. Tunggu sampai proses root selesai. dan Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar ini, silahkan klik OK dan Ponsel akan Reboot secara otomatis.

root sukses dengan framaroot

5. Jika ponsel Oppo N3 anda berhasil ter root secara sempurna maka aplikasi SuperSU atau Superuser akan muncul di ponsel Android kamu.

B. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools Khusus Root Ponsel Oppo

1.Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi Oppo Tools lalu menginstalnya seperti biasa pada ponsel Oppo kamu.

2. Jika Oppo Tools sudah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih tab “Common” serta klik tombol “Root” seperti pada gambar di bawah ini.

Root Dengan Oppo Tools

3. Setelah mengikuti instruksi diatas lalu akan muncul permintaan untuk melakukan instal OppoToolsPlugin silahkan instal aplikasi tersebut.

Oppo Tools Plugin

4. jika sudah terinstal silahkan lanjutkan dengan mengklik One Key Root seperti pada gambar dibawah ini.

Pilih One Key Root

5. Jika semua tahapan pada cara diatas sudah anda lakukan dengan baik dan sesuai petunjuk, maka secara ponsel Oppo anda akan Reboot secara otomatis. Setelah Ponsel menyala periksa apakah terdapat aplikasi SuperSU pada ponsel Oppo anda maka proses root yang anda lakukan sudah sukses.

Cara Root Android Oppo N3 Dengan PC

1.Pada langkah awal silahkan Instal Program RootKHP pada PC kamu.

Root Ponsel Android dengan RootKHP

2. Silahkan Aktifkan Debuging Mode
– Buka Pengaturan/Setting
– Pilih Tentang Perangkat/About Phone
– Pilih Info Perangkat Lunak pada Nomor Versi Klik Berturut-turut sebanyak 4 kali.

3. Kemudian Buka dan Jalankan Program RootKHP lalu sambungkan Ponsel Oppo kamu dengan Komputer menggunakan kabel data.

4. Selanjutnya Klik pada Tombol Root dan Tunggu sampai notifikasi muncul seperti gambar dibawah ini.

Notifkasi RootKHP

5. Lalu Tunggu Proses Root pada Ponsel Oppo kamu sedang berjalan sampai selesai hingga 10 menit sampai muncul notifikasi Root sukses seperti pada gambar dibawah ini.

Root dengan RootKHP sukses

6. Selesai, Namun perlu diingat keberhasilan root tergantung firmware ponsel kamu, oleh karena itu silahkan gunakan program Root versi terbaru untuk tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk root ponsel berbasis Android. Nah, jika Anda ingin melakukannya juga pada ponsel Oppo N3 Anda, ada beberapa rekomendasi aplikasi root khusus untuk Anda. Untuk cara aman, rekomendasi yang pertama adalah dengan menggunakan tools untuk root dari Oppo. Anda hanya perlu untuk mengunduh OppoTools dan menjalankannya. Ikuti semua petunjuk yang diawali dengan menu Common. Cara ini hanya bisa dilakukan dengan ponsel N3 Anda.

Aplikasi kedua yang banyak digunakan adalah aplikasi bernama TWRP. Para pengguna Ponsel Oppo N3 di seluruh dunia telah mengenal aplikasi ini sebagai aplikasi paling banyak digunakan untuk melakukan root Oppo N3. Caranya pun mudah, yaitu hanya dengan menginstall soft file-nya. Yang perlu dicatat adalah Anda perlu menjalankannya dengan bantuan PC. Anda bisa memilih untuk memproses root dari kedua cara diatas. Pastikan hanya memilih satu cara saja. Nah, cara pertama merupakan cara yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di mana pun Anda berada.

Sebelum melakukan proses root, pastikan Anda paham bahwa mengubah ponsel menjadi ponsel root mempunyai beberapa resiko. Salah satunya adalah kehilangan data dan mudahnya virus untuk menginfeksi sistem ponsel Anda. Yang terburuk bisa merusak ponsel Anda dari mulai soft ware hingga hardware. Ada satu lagi yang harus Anda pertimbangkan. Yaitu pastikan Anda paham bagaimana menghadapi resikonya ketika Anda memutuskan untuk memilih melakukan root Oppo N3.

Tinggalkan Balasan