Cara Root Oppo F1 Tanpa PC dan Dengan PC

Diposting pada

Apakah Anda sedang berencana untuk melakukan root pada Ponsel Oppo F1? Jika iya, maka Anda perlu untuk memperhatikan beberapa hal yang akan disampaikan dibawah ini agar dalam proses rooting nantinya Anda bisa berhasil. Belakangan, tidak jarang para pengguna ponsel menghadapi kasus rooting yang selalu gagal karena adanya sistem rooting yang tidak cocok atau kompatibel dengan kondisi ponsel.

Biasanya, tujuan rooting adalah untuk melakukan perubahan atau modifikasi pada ponsel. Beberapa tujuan professional juga membutuhkan ponsel root, seperti pada app developer atau pengembang software. Tester untuk software atau aplikasi tertentu juga mungkin membutuhkan ini. Nah, jika Anda tidak mempunyai tujuan professional atau hanya sekedar untuk mencoba ponsel versi root, Anda bisa mencobanya. Namun Anda harus memahami beberapa hal yang bisa menjadi penentu suksesnya proses root Anda.

Cara Root Oppo F1 Tanpa PC dan Dengan PC

Cara Root Oppo F1 Tanpa PC

Root yang dilakukan tanpa PC hanyalah menggunakan aplikasi root berbasis android. Namun perlu diingat bahwa Root Ponsel Oppo Tanpa PC  hanya perlu menggunakan aplikasi yang terpercaya saja.

A. Menggunakan Aplikasi Framaroot APK

1. Langkah pertama kamu harus mendownload serta menginstal aplikasi Framaroot versi terbaru disini

2. Jika aplikasi kompatibel maka aplikasi ini bisa diakses, jika tidak maka akan muncul warning “Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot” seperti gambar dibawah ini.

gagal instal framaroot

3. Selanjutkan buka aplikasi framaroot dan pilih Install Superuser/SuperSU ( Pilih Salah Satu ) lalu pilih Gandalf seperti pada gambar dibawah ini.

cara root dengan framaroot gandalf

4. Tunggu sampai proses root selesai. dan Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti pada gambar ini, silahkan klik OK dan Ponsel akan Reboot secara otomatis.

root sukses dengan framaroot

5. Jika ponsel Oppo F1 anda berhasil ter root secara sempurna maka aplikasi SuperSU atau Superuser akan muncul di ponsel Android kamu.

B. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools Khusus Root Ponsel Oppo

1. Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi Oppo Tools lalu menginstalnya seperti biasa pada ponsel Oppo kamu.

2. Jika Oppo Tools sudah terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih tab “Common” serta klik tombol “Root” seperti pada gambar di bawah ini.

Root Dengan Oppo Tools

3. Setelah mengikuti instruksi diatas lalu akan muncul permintaan untuk melakukan instal OppoToolsPlugin silahkan instal aplikasi tersebut.

Oppo Tools Plugin

4. jika sudah terinstal silahkan lanjutkan dengan mengklik One Key Root seperti pada gambar dibawah ini.

Pilih One Key Root

5. Jika semua tahapan pada cara diatas sudah anda lakukan dengan baik dan sesuai petunjuk, maka secara ponsel Oppo anda akan Reboot secara otomatis. Setelah Ponsel menyala periksa apakah terdapat aplikasi SuperSU pada ponsel Oppo anda maka proses root yang anda lakukan sudah sukses.

C. Menggunakan Aplikasi Root Master APK

Simak beberapa langkah mudah berikut ini agar proses root berjalan dengan lancar:

  1. Download dan Install aplikasi android : Root Master.apk dengan mencarinya di google
  2. Mulailah dengan menginstal aplikasinya secara sempurna
  3. Buka Aplikasi Root Master dan pilih Mulai Root
  4. Proses root Oppo F1 akan segera dimulai
  5. Langkah berikutnya adalah menekan opsi pilih Yes, lalu Biarkan Proses berjalan sampai selesai.
  6. Proses root ponsel Oppo F1 akan dengan otomatis berjalan hingga selesai
  7. Setelah itu, periksalah smartphone Anda, bila telah ditemukan aplikasi baru dengan nama “SuperSU”, maka proses root berhasil.

D. Menggunakan Aplikasi King Root APK

  • Masuk ke website official Kingroot pada browser. Pilih ‘Download APK for Android’.
  • Masuk ke menu Pengaturan lanjut Keamanan kemudian click centang “Unknown Sources”.
  • Klik file APK untuk memulai instalasi KingRoot.
  • Pilih tombol buka atau luncurkan untuk mulai menggunakan KingRoot. Klik “Coba Ini” untuk melanjutkan dan melihat perangkat sudah di root atau belum.
  • Pilih tombol “Get Now” untuk melihat adakah strategi root untuk memulai rooting Android Anda.
  • Masuk ke Google Play store, cari dan install aplikasi Root Checker.
  • Buka aplikasi Root Checkker untuk memastikan apakah smartphone Oppo F1 Anda sudah di root. Apabila Anda menemukan kata sukses berarti install root Anda berhasil.

Cara Root Android Oppo F1 Dengan PC

1.Pada langkah awal silahkan Instal Program RootKHP pada PC kamu.

Root Ponsel Android dengan RootKHP

2. Silahkan Aktifkan Debuging Mode
– Buka Pengaturan/Setting
– Pilih Tentang Perangkat/About Phone
– Pilih Info Perangkat Lunak pada Nomor Versi Klik Berturut-turut sebanyak 4 kali.

3. Kemudian Buka dan Jalankan Program RootKHP lalu sambungkan Ponsel Oppo kamu dengan Komputer menggunakan kabel data.

4. Selanjutnya Klik pada Tombol Root dan Tunggu sampai notifikasi muncul seperti gambar dibawah ini.

Notifkasi RootKHP

5. Lalu Tunggu Proses Root pada Ponsel Oppo kamu sedang berjalan sampai selesai hingga 10 menit sampai muncul notifikasi Root sukses seperti pada gambar dibawah ini.

Root dengan RootKHP sukses

6. Selesai, Namun perlu diingat keberhasilan root tergantung firmware ponsel kamu, oleh karena itu silahkan gunakan program Root versi terbaru untuk tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Untuk itu, Anda perlu simak informasi dibawah ini sebelum root android Oppo F1 Anda.

Informasi mengenai spesifikasi menjadi bagian terpenting sebelum Anda melakukan proses rooting. Hal ini dikarenakan spesifikasi, khususnya pada platform ponsel, menjadi salah satu faktor besar penentu suksesnya root yang diimbangi dengan pengetahuan mengenai aplikasi root.

Spesifikasi yang akan dijelaskan pertama adalah mengenai Operating System. OS atau sistem operasi ini menjadi software paling penting pada ponsel. Oppo membekali ponsel ini dengan OS Android versi 5.1 atau biasa disebut dengan Android Lollipop. Pastikan build number pada OS Anda pahami karena kemungkinan akan digunakan dalam proses rooting, bergantung kepada aplikasi root yang akan Anda gunakan. Anda juga harus memastikan bahwa aplikasi rooting yang Anda gunakan cocok dengan OS Anda.

Selanjutnya adalah mengenai chipset ponsel. Khusus untuk F1 yang dikeluarkan tahun lalu, Oppo membekalinya dengan Snapdragon 616 beserta CPU versi Octa-core yang disertai power 1.7 GHz. Nah untuk GPU pada ponsel F1 ini, Oppo memberikan versi Adreno 405.

Informasi mengenai chipset ponsel ini akan berguna sebelum Anda melakukan root HP Oppo F1. CPU versi Octa-Core bisa berlaku sama dengan OS diatas ketika Anda akan melakukan proses rooting. Pastikan Anda memahami juga aplikasi rooting yang compatible dengan chipset tersebut.

Kegagalan root yang terjadi biasanya disebabkan oleh belum pahamnya pengguna ponsel akan hal-hal diatas.

Spesifikasi lain yang mungkin Anda ingin ketahui adalah mengenai memorinya yang menawarkan RAM 3GB, terdapat sensor accelerometer dan proximity serta adanya Corning Gorilla Glass 4 yang bisa membuat ponsel tahan banting. Meskipun informasi ini nantinya tidak akan berpengaruh besar pada proses rooting. Anda juga bisa juga memodifikasi beberapa spesifikasi setelah nanti Anda melakukan root Oppo F1. Namun tidak semuanya bisa Anda modifikasi.

Selain spesifikasi, Anda juga harus memahami resiko mengenai root yang akan Anda lakukan pada ponsel F1 Anda. Salah satu resikonya adalah ponsel Anda rentan terhadap virus. Ketika Anda melakukan surfing internet atau menyalakan internet, pastikan sebelumnya Anda telah memasang perangkat anti-virus terlebih dahulu.

Selain resiko terkena serangan virus, ponsel Anda juga akan lebih mudah mengalami kerusakan. Ketika ponsel Anda diroot, maka ponsel Anda menjadi lemah meskipun secara teknis kinerjanya meningkat. Jika sudah demikian, performa ponsel akan lebih cepat turun.

Kini, menentukan untuk melakukan root memang harus dengan pertimbangan yang matang. Jika Anda telah melakukan root namun ingin kembali pada versi aslinya, Anda bisa melakukan proses unroot. Hal-hal diatas berlaku sekaligus bisa Anda lakukan ketika Anda berhasil melakukan root Oppo F1 with and without pc.

Tinggalkan Balasan