Cara Menggunakan Format Gambar WebP di WordPress

By | January 5, 2021
Cara Menggunakan Format Gambar WebP di WordPress

WebP adalah format gambar baru yang dikembangkan sejak 2010 oleh Google. WebP biasanya memiliki kompresi rata-rata 30% lebih banyak daripada format JPEG dan JPEG 2000, sehingga WebP memiliki ukuran yang lebih kecil namun tanpa memengaruhi kualitas gambar.

Google sendiri sangat merekomendasikan penggunaaan format WebP, terbukti dengan masuknya WebP ke dalam opsi optimasi yang ditawarkan oleh Google Pagespeed Insight berikut ini.

Secara default wordpress belum mendukung upload gambar dengan format WebP, kalian akan menemukan error seperti dibawah ini, apabila mengupload gambar dengan format WebP ke media WordPress.

Maka untuk menggunakan format gambar WebP di WordPress harus melalui bantuan plugin yang bernama WebP Converter for Media

Silahkan instal dan aktifkan plugin tersebut, kemudian ikuti cara settingnya seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah di setting seperti diatas, silahkan klik “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan. Maka secara otomatis, gambar pada artikel baru akan diconvert ke format WebP, namun tidak menghapus gambar aslinya.

Sehingga apabila website diakses menggunakan browser yang belum mendukung WebP, maka akan ditampilkan gambar aslinya.

Nah, buat kalian yang sudah punya banyak artikel sebelumnya dan baru menginstal plugin yang satu ini, silahkan convert seluruh gambar melalui pengaturan berikut ini.

Klik Regenerate All, maka seluruh gambar yang ada di dalam artikel akan dibuat versi WebP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *