Cara Mengatasi Sinyal Ponsel Hilang dengan Restore QCN

By | November 26, 2019

Hai Semua…Kali ini mastah android akan membagikan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel Hilang dengan Restore QCN Khususnya Xiaomi. Sinyal Ponsel Android mendadak hilang akibat mengikuti tutorial internet gratis. Berawal dari menonton sebuah video youtube dengan judul cara internet gratis dengan mode pesawat melalui dial *#*#4636#*#* yang tentu membuat siapa saja tertarik mengikutinya. Namun bukan internet gratis yang di dapatkan justru imei dan sinyal ponsel tiba-tiba hilang. Berulang kali saya coba restart dan reset ponsel melalui CWM Recovery tetapi sinyal tak juga kunjung muncul kembali. Akhirnya setelah browsing kesana kemari di mbah gugel, saya berhasil temukan sebuah cara untuk mengembalikan imei dan sinyal yang hilang tadi yaitu dengan cara restore file QCN.

Cara Mengatasi Sinyal Ponsel Hilang dengan Restore QCN

Dalam beberapa kasus IMEI ponsel yang hilang bisa juga disebabkan karena kesalahan dalam memasang firmware atau corrupt sehingga terhapusnya IMEI dan beberapa alamat WiFi dan Bluetooth (Baseband) yang menyebabkan jaringan ponsel menjadi hilang bak di telan bumi, ini biasanya terjadi karena oprekers yang masih pemula terkadang belum paham betul mengoprek device xiaomi.

Artikel berikut cocok untuk semua Smartphone android namun tiap merk ponsel punya caranya masing-masing, Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk mengembalikan IMEI yang hilang bagi pengguna ponsel Xiaomi :

Hidupkan PC atau Laptop.

Langkah-Langkah Yang Perlu Di Perhatikan :

  • Pertama aktifkan USB Debugging dengan cara Setting – Developer Options – Ceklist USB Debugging sebelumnya pastikan Opsi Pengembang / Developer Option sudah aktif, jika belum bisa ikuti cara berikut Setting – About Phone – Tap 7x pada MIUI Version.
  • Selanjutnya sambungkan ponsel android kalian ke PC atau Laptop menggunakan kabel USB Original.
  • Ekstrak Minimal ADB Fastboot.zip di PC kemudian buka folder Minimal ADB Fastboot dan jalankan file Start.bat maka akan muncul jendela command prompt lalu ketikan perintah berikut ini :

adb devices (enter)
Lalu muncul kombinasi huruf dan angka.

bila sudah lanjutkan ketik perintah :

adb shell (enter)
su (enter)
setprop sys.usb.config diag,adb (enter)

  • Silakan Cek pada ponsel akan muncul pop up pemberitahuan diag port terbuka dan cek juga pada Device Manager di PC makan akan muncul port Qualcomm HS-USB Android DIAG 901D (COMxx).
    port Qualcomm HS-USB Android DIAG 901D (COMxx)
  • Jika sudah terdeteksi lanjut jalankan tool QPST lalu pilih software download dibagian port klik browse dan pilih driver diag port device agan (COMxx sesuaikan dengan yang di Device Manager sebelumnya).

tool QPST

  • setelah itu pilih Restore dan pada bagian QCN File pilih browse kemudian cari file.qcn xiaomi yang sudah didownload sesuai tipe ponsel lalu klik start dan tunggu proses sampai selesai.

QCN File

  • setelah selesai lalu jalankan IMEI Writer Tool

IMEI Writer Tool

  • Masukkan Nomor IMEI smartphone kalian persis dengan yang ada pada box ponsel kalian atau yang ada di stiker cover belakang, lalu klik start, selesai.
  • Langkah Selanjutnya matikan kembali koneksi diag nya dengan masuk ke folder Minimal ADB Fastboot di PC kemudian jalankan file Start.bat maka akan muncul jendela cmd prompt lalu ketikan perintah berikut :

adb shell (enter)
setprop sys.usb.config adb,mtp (enter)

  • Selesai. kemudian reboot ponsel kalian dan cek IMEI dengan dial *#06#.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Sinyal Ponsel Hilang dengan Restore File QCN pada Device Xiaomi. Mudah bukan, jangan buru-buru membawa ponsel anda ke tukang servis yang belum tentu mengerti atau meminta bayaran yang mahal. Semoga bermanfaat dan keep smile apapun masalahmu…

Catatan :
Cara diatas hanya berlaku khusus untuk ponsel Xiaomi dengan SoC berchipset Qualcomm Snapdragon, jadi yang pakai SoC Mediatek silahkan cari tutorial yang lain.