3 Cara Ampuh Mengatasi SIM Card Sering Tidak Terbaca

Diposting pada

Cara Mengatasi SIM Card Sering Tidak Terbaca di Android. Adakalanya SIM Card yang kita gunakan tiba-tiba tidak terbaca atau mengalami error jaringan. Biasanya hal itu disebabkan oleh beberapa hal entah karena umur kartu sim yang memang sudah tua, sering gonta-ganti kartu sim, jaringan sedang gangguan atau ada kerusakan pada smartphone kita, sehingga membuat kartu SIM tidak dapat terbaca oleh ponsel.

Silahkan simak apa saja penyebab dan cara mengatasi Kartu SIM yang tidak terdeteksi.

3 Cara Ampuh Mengatasi SIM Card Sering Tidak Terbaca

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

1. Kartu SIM terlalu Panas

Panas yang dihasilkan oleh HP yang digunakan untuk bermain game secara terus-menerus tanpa henti akan membuat kartu SIM menjadi overheat sehingga tidak bisa terdeteksi oleh ponsel.

2. Slot SIM Card Rusak

Slot SIM dibutuhkan untuk membaca kartu SIM yang terpasang pada setiap HP. Misalnya ada bagian pada slot ini rusak maka akan mengakibatkan slot SIM tidak dapat mendeteksi kartu SIM yang dipasang.

3. Kehilangan IMEI

IMEI adalah serangkaian nomor unik yang berfungsi untuk memberikan identitas setiap HP yang terhubung ke jaringan internet. Apabila IMEI ini hilang maka sudah pasti sinyal jaringan akan ikut hilang yang seolah-olah SIM Card tidak terbaca.

4. Jaringan Mengalami Gangguan

Adakalanya masalah seperti ini datang dari Operator seluler yang kita gunakan. Terkadang, gangguan semacam ini juga bisa mengakibatkan SIM Card di HP Anda menjadi tidak terdeteksi, padahal sebetulnya normal-normal saja. Kalau masalahnya gangguan jaringan, biasanya tunggu beberapa saat maka sinyal akan muncul dengans sendirinya.

5. Kartu SIM Sering Di Lepas

Kamu termasuk orang yang suka gonta-ganti SIM Card, gesekan yang diakibatkan sering melepas SIM Card akan memudarkan kuningan yang ada pada bagian bawah kartu SIM. Sehingga kartu SIM menjadi rusak dan tidak terbaca.

6. Kerusakan IC

IC merupakan komponen penting yang paling berpengaruh untuk menangkap sinyal. Jika komponen ini rusak akibat HP sering terjatuh atau kemasukan air, maka akan membuat sinyal di HP hilang mendadak, serta kartu SIM menjadi error tidak terbaca.

Cara Mengatasi SIM Card Sering Tidak Terbaca

Bila sebelumnya kita membahas apa saja penyebab SIM card rusak atau tidak terbaca ?

Dan kali ini kita akan kupas tuntas mengenai cara mengatasi SIM Card yang tidak terbaca atau terdeteksi di smartphone atau tablet Android yang sering ditemui. Baiklah mari kita simak ulasan selengkapnya.

1. Coba Bersihkan SIM Card

Pertama-tama yang bisa kamu lakukan adalah mencoba membersihkan SIM Card yang kemungkinan kotor atau berdebu akibat terlalu lama tidak terpakai. Buka slot sim dan lepaskan kartu SIM yang tidak terdeteksi dari smartphone Android kemudian bersihkan debu-debu halus yang menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM menggunakan kain mikro fiber. Selanjutnya coba pasang kembali SIM Card tersebut pada smartphone Android dan tunggu hingga sinyal pada smartphone muncul.

2. Atur Ulang APN

Dalam beberapa kasus masalah terkadang dari operator selular yang memang sedang mengalami gangguan sehingga SIM card yang kamu gunakan tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa mengatur ulang APN di smartphone Android kamu yang biasanya diatur secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang APN secara manual melalui menu Settings -> Network & Internet -> Mobile network -> Access Point Names.

Pada menu ini kamu dapat mengatur secara manual APN internet, sesuai dengan jaringan dan operator selular yang kamu gunakan.

3. Factory atau Hard Reset Android

Jika segala cara sudah dicoba namun dirasa masih belum berhasil, ada baiknya kamu lakukan factory atau hard reset Android yang bertujuan untuk mengembalikan settingan smartphone ke kondisi semula, alias seperti pengaturan pabrik. Namun cara yang satu ini lebih beresiko untuk dilakukan. Karena semua data baik itu pengaturan, gambar, musik, game dan aplikasi semuanya akan terhapus. Jika memilih cara ini, sebelumnya kamu perlu melakukan proses back up terhadap data-data penting yang mesti diselamatkan. Apalagi jika data-data gebetan atau akun game yang sudah terinstal lama di HP kamu hilang. Pasti rasanya nyesek banget tuh.

Namun jika langkah pertama sampai ketiga masih juga tidak berhasil, kamu bisa memastikan untuk menggunakan SIM card lainnya pada smartphone kamu. Jika SIM lain tidak juga terbaca itu artinya ada kerusakan pada smartphone kamu. Dan jika SIM lain ternyata dapat terbaca, maka ada kemungkinan besar bahwa SIM card milikmu telah rusak.

Solusi terakhir yang paling ampuh adalah dengan cara mendatangi atau menghubungi customer service terdekat untuk menanyakan penyebab pasti masalah SIM card yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi. Dengan begitu kamu dapat berkonsultasi langsung serta mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi. Kalau memang SIM card yang kamu gunakan sudah benar-benar rusak dan tak dapat digunakan lagi, umumnya customer service akan menawarkan solusi penggantian kartu SIM baru dengan nomor yang lama. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, sebelum dibuatkan SIM card baru dengan nomor telepon yang lama.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi SIM card yang sering tidak terbaca dan error di smartphone Android. Semoga bermanfaat !