Cara Membedakan Oppo F11 Asli atau Palsu

By | November 29, 2019

Cara Membedakan Oppo F11 Asli atau Palsu

Semakin populer sebuah ponsel maka semakin tinggi ponsel tersebut punya tiruannya. Contohnya Iphone memiliki banyak versi KW atau disebut Iphone HDC yang dibuat oleh vendor ponsel asal Tiongkok. Vendor ponsel yang tak mau pusing dengan RnD untuk menciptakan desain ponsel mereka sendiri, biasanya langsung copy paste desain ponsel yang paling laris di pasaran dan berharap bisa sukses menjual ponsel dengan desain sejenis namun harganya jauh lebih terjangkau.

Bahkan Samsung sang raja ponsel dunia tak luput dari ponsel KW dengan embel-embel “supercopy” dari seri Samsung. Oppo sebagai market leader ponsel tanah air sejak kuartal III 2019, memang begitu populer sehingga tak heran jika terdapat Oppo versi KW. Fakta ini dimanfaatkan oleh vendor ponsel nakal dengan menjual ponsel Oppo palsu yang terlihat mirip dari segi desain ataupun box kemasan yang kemudian diberi embel-embel merek Oppo. konsumen Oppo tentunya tertarik bisa mendapatkan ponsel Oppo dengan harga yang sangat terjangkau namun mereka tidak sadar dan merasa produknya asli padahal palsu.

Ada dua versi Oppo F11 yaitu Oppo F11 dan F11 Pro yang memiliki keunggulannya masing-masing. Oppo F11 Pro dibekali desain layar penuh atau yang disebut Oppo dengan panoramic screen. Oppo F11 Pro juga tidak memiliki “notch”, sehingga permukaan layar tampak lebih luas dan lega. Itulah yang membedakan versi “Pro” dengan Oppo F11 versi reguler serta harga yang terpaut 1 juta.

Cara Mengetahui Oppo F11 Asli atau Palsu

1. Perbedaan Harga

perbedaan harga oppo f11 palsu

OPPO F11 merupakan salah satu smartphone yang dijual dengan harga yang overprice dibanding kompetitor sekelas Xiaomi atau Realme. Tapi hal itu tak mengurungkan niat masyarakat untuk membeli ponsel merk satu ini, Didukung dengan promosi oleh sales yang jor-joran ditambah cashback yang menggiurkan.

Perlu diingat Smartphone Oppo yang dijual umumnya punya banderol yang sama dari satu konter ke konter yang lain karena menerapkan sistem satu harga se Indonesia. Untuk harga Oppo F11 dijual dengan banderol Rp 3.999.000, sementara Oppo F11 Pro dijual sedikit lebih mahal, yakni Rp Rp 4.999.000. Jika ternyata ada seseorang yang menawarkan kepada anda Oppo F11 jauh dari harga pasaran, maka sudah dapat dipastikan ponsel Oppo itu palsu.

2. Cek IMEI Secara Online

Cek IMEI Oppo Secara Online

Salah satu cara yang paling simpel untuk membedakan ponsel Oppo F11 Asli atau Palsu adalah dengan mengecek nomor imei yang ada di ponsel tersebut secara online. Buat yang belum tahu, nomor IMEI itu semacam “nomor identitas” bagi ponsel, karena setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang tentu berbeda satu sama lain. IMEI pada ponsel yang dijual secara resmi tentunya sudah terdaftar dalam database Oppo.

Untuk smartphone Oppo, nomor IMEI bisa dicek via online. Jadi, ketika Anda membeli ponsel Oppo baru atau second, cek dahulu nomor IMEI nya di situs Warranty Status Oppo. Masukkan nomor IMEI ponsel Oppo tersebut. Jika nomor IMEI terdaftar dan muncul status garansi maka ponsel Oppo tersebut merupakan ponsel asli. Jika tidak, ponsel tersebut adalah Palsu atau KW.

Ada 3 cara untuk mengetahui nomor IMEI:

1. Menekan *#06# pada dial number
2. Periksa pada bagian bawah kotak kemasan ponsel
3. Pergi ke [Pengaturan]> [Tentang Ponsel]> [Status]> [IMEI].

3. Cek Spesifikasi Ponsel Oppo

spesifikasi oppo f11

Cara lain untuk membedakan Oppo F11 ali atau palsu adalah dengan mengecek spesifikasi ponsel tersebut dengan yang tercantum pada kotak kemasan penjualan. Silahkan instal aplikasi CPU-Z di Google Playstore kemudian buka aplikasi tersebut dan lihat spesifikasi yang tertera disitu, Apakah sudah sama dengan yang ada pada box penjualan. Dalam kasus Oppo palsu biasanya spesifikasi pada ponsel tersebut tidak sama atau bahkan lebih rendah dari spesifikasi aslinya.

4. Sistem Operasi Color OS

Pada ponsel Oppo memiliki sistem operasi yang di kustomisasi sendiri oleh Oppo yang diberi nama Color OS.