Cara Cek IMEI Ponsel Kamu di Blokir atau Tidak

By | Juli 4, 2019

Mulai pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti Pemerintah akan membuat peraturan baru yang melarang peredaran ponsel ilegal atau yang disebut Ponsel BM (Black Market) serta memblokir akses jaringan ponsel tersebut melalui IMEI. Isu ini sebenarnya sudah lama beredar namun tampaknya Pemerintah akan lebih serius untuk memberantas ponsel ilegal di tahun ini. Kementerian Perindustrian akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Perdagangan untuk membentuk regulasi berupa Peraturan menteri (permen).

Dalam waktu dekat kementerian terkait akan membentuk tim untuk mempercepat proses pembentukan regulasi yang rencananya akan ditandatangani pada pertengahan Agustus mendatang. Kementerian Perindustrian akan menggunakan Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS) yang merupakan sebuah alat untuk mengidentifikasi ponsel ilegal. Alat ini mendeteksi nomor IMEI yang melekat pada setiap ponsel yang beredar. DIRBS akan melakukan scan nomor IMEI mana saja yang terdaftar di database Kemenperin dan mana yang tidak. Jika tidak ada dalam database, ponsel dengan nomor IMEI tersebut akan dianggap sebagai ponsel ilegal serta akan diblokir.

Untuk mengecek apakah nomor IMEI ponsel kamu resmi atau tidak, silahkan akses situs Kemenperin.go.id/imei dan masukkan nomor imei ponsel kamu lalu klik simpan, jika muncul hasil seperti dibawah ini maka ponsel yang kamu gunakan adalah ponsel resmi sedangkan jika tidak maka sudah pasti ponsel ilegal.

Cara Cek IMEI Ponsel Kamu di Blokir atau Tidak

Namun tak perlu khawatir bagi yang sudah terlanjur membeli dan menggunakan ponsel ilegal tidak akan serta merta dilakukan pemblokiran, menurut Kemenperin ponsel ilegal yang sudah beredar akan diberikan pemutihan atau masa transisi selama beberapa tahun, sedangkan untuk ponsel ilegal yang dibeli setelah aturan berlaku akan langsung diblokir.

Cara Cek IMEI Ponsel Semua Smartphone

  • Melalui dial number

cara cek imei dengan dial

cara ini yang paling mudah dilakukan oleh pemula sekalipun mirip dengan melakukan pengecekan pulsa operator, Anda hanya perlu menekan *#06# maka akan muncul popup notification berupa nomor imei ponsel tersebut

  • Melalui Menu Setting/Pengaturan

cara cek imei hp android melalui pengaturan

cara yang kedua ini juga masih tergolong gampang, Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan-Tentang Ponsel lalu pilih Status kemudian Informasi IMEI, setelah itu akan terlihat nomor IMEI yang berupa digit angka berjumlah 15.

Bagaimana mudah bukan, cara mengecek nomor IMEI ponsel dan tutorial diatas berlaku pada semua tipe smartphone. Untuk itu sebagai konsumen belilah ponsel yang diedarkan oleh Distributor resmi seperti TAM dan sebagainya. Sehingga sebagai pengguna ponsel pintar tak perlu dikhawatirkan apakah ponsel yang kita gunakan akan diblokir atau tidak. Namun yang namanya peraturan pasti akan ada yang berusaha mengakalinya dengan mengganti nomor IMEI pada ponsel ilegal dengan menggunakan nomor IMEI pada ponsel resmi yang sudah rusak.