7 Tips Maksimalkan Fitur Smartphone Android Q

By | November 27, 2019

7 Tips Maksimalkan Fitur Smartphone Android Q

Perusahaan raksasa teknologi Google tahun depan akan mewajibkan semua vendor smartphone untuk menggunakan Android 10. Aturan baru ini akan berlaku pada ponsel baru yang dirilis setelah 31 Januari 2020 atau sekitar awal Februari. Bila aturan baru tersebut tidak dipatuhi oleh produsen ponsel, maka Google tidak akan menerbitkan lisensi layanan mitra OEM (Original Equipment Manufacturer) sehingga para vendor tidak dapat menggunakan layanan GMS (Google Mobile Service) seperti yang dialami oleh Huawei Mate 30 Series.

Berita mengejutkan ini mau tidak mau akan dipatuhi oleh semua vendor produsen ponsel, jika tak ingin bernasib sama dengan Huawei. Namun berbeda kasus karena Huawei tidak dapat menggunakan GMS akibat dari perang dagang antara Amerika –  Tiongkok yang membuat tensi kedua negara kian memanas hingga membuat Huawei dan beberapa perusahaan tiongkok lainnya masuk ke dalam daftar hitam perusahaan di Amerika.

Kabar buruk bagi pengguna Android 9 Pie ke bawah karena Google tidak akan memberikan pembaruan fitur. Pembaruan hanya sebatas celah keamanan dan bug yang membuat pengguna ponsel android tersebut rentan diretas atau tindak kejahatan cyber lainnya.

Aturan baru ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan OS Android terbaru yang sangat lamban dalam hal pembaruan oleh produsen ponsel. Android 10 yang diluncurkan pada September lalu di klaim memiliki sistem keamanan perangkat yang lebih baik. Untuk sementara Android Q baru tersedia pada ponsel Pixel mulai dari seri awal sampai Pixel 4 yang merupakan smartphone keluaran Google.

Lantas apa yang akan terjadi jika produsen ponsel tidak mematuhi aturan tersebut dan tidak mendapatkan lisensi GSM, maka ponsel tersebut tidak bisa menggunakan aplikasi bawaan Google seperti Chrome, Gmail, GMaps, Youtube, dan Playstore secara pre-installed melainkan harus di instal secara manual.

7 Tips Maksimalkan Fitur Smartphone Android Q

1. Smart Replies

fitur smart replies android 10

Smart Replies akhirnya mendapat pembaharuan di Android 10. Smart Reply adalah fitur pintar untuk membalas pesan yang telah ditentukan namun pada Android Q ponsel akan memberikan shortcut ke aplikasi yang relevan sesuai dengan notifikasi yang muncul. Contohnya ketika ada notif pesan singkat dengan titik koordinat lokasi GPS, maka shortcut yang muncul adalah Google Maps. Fitur smart reply juga akan langsung mengenali tautan video YouTube dan URL lain yang tersemat dalam pesan yang memungkinkan pengguna masuk ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.

2. Dark mode

fitur Dark mode android 10

Dark mode atau mode gelap adalah fitur yang akan merubah tampilan tema ponsel menjadi gelap sehingga dapat mengurangi penggunaan baterai. Dark mode juga lebih ramah pada mata yang terus tertuju pada ponsel khususnya di malam hari. Dark Mode pada Android 10 tidak hanya pada tema ponsel tetapi akan mendukung semua aplikasi milik Google.

3. Live Caption video

Fitur Live Caption Android 10

Live Caption adalah salah satu fitur unik yang menakjubkan dari Android 10. Pasalnya, ketika menonton sebuah video maka secara otomatis akan muncul teks di dalam video yang di deteksi dari suara dalam video tersebut dan muncul secara real-time.

4. Gesture Swipe

fitur gestures swipe android 10

Android 10 mendapatkan Gesture Swipe yang baru dimana tombol back diganti dengan swipe dari sisi kiri atau kanan layar, untuk switch apps dengan cara swipe dari bawah layar kemudian tahan dan untuk kembali ke home cukup swipe ke atas dari bawah layar. Namun jika tidak suka, pengguna bisa mematikan fitur yang satu ini dan menggantinya dengan tombol Navigasi.

5. Sound Amplifier suara dan media

Fitur Sound Amplifier android 10

Google membenamkan Sound Amplifier sebagai fitur baru Android 10 yang pada versi sebelumnya fitur ini tersedia sebagai unduhan terpisah. Fitur ini akan memungkinkan pengguna meningkatkan dan mengatur suara yang dikeluarkan lewat headphone dengan kabel dan mengurangi noise yang mengganggu di sekitar ponsel.

6. Silence Notifications

Silence Notifications fitur android 10

Android 10 merancang fitur baru untuk menangani notifikasi yang berlebihan yaitu silent notifications. Dengan fitur ini, Ponsel tidak akan bergetar atau mengeluarkan suara serta notifikasi yang masuk tidak akan membuat layar smartphone anda menyala. Silent Notifications sangat berguna untuk aplikasi yang membutuhkan pemberitahuan secara terus-menerus seperti smart watch atau notifikasi cuaca.

7. Format Foto HEIF

format HEIF fitur android 10

Android 10 telah mendukung format foto baru yaitu HEIF (High Efficiency Image File Format) yang dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG). Format baru ini lebih dulu hadir pada Iphone dan di gadang-gadang sebagai pengganti JPEG karena membutuhkan storage yang lebih kecil namun kualitas fotonya setara atau bahkan lebih baik dari format JPEG yang sebelumnya lazim digunakan oleh umum.

Nah itu tadi artikel mengenai tips dan trik untuk memaksimalkan fitur-fitur baru yang ada pada Android 10 atau Android Q. Semoga bermanfaat..